≡ Menu

Ternyata Beras Merah Bagus Untuk Diet

Di Indonesia beras merah memang sudah cukup dikenal dimana-mana, meski tidak sepopuler jagung, beras putih atau produk sejenis lainya. Para ahli gizi juga sangat merekomendasikan untuk mengganti konsumsi beras putih menggunakan beras merah, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Didalam beras merah mengandung karbohidrat kompleks.

Manfaat lain dari beras merah bisa digunakan dan cocok sebagai bagian dari menu diet sehat dan cepat, karena mengandung zat antosianin yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti antioksidan, antiglisemik, antikanker, dan antihipertensi. Zat antosianin ini adalah lapisan merah yang terlihat pada permukaan butir beras merah. Anda juga sangat disarankan mengkonsumsi beras merah pada saat menjalani program diet, karena kalori beras merah lebih rendah daripada beras putih.

Berikut beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan:

1. Sumber Antioksidan

Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung didalam beras merah, membuat beras merah jadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh kita. Dan antioksidan tersebutlah yang mampu membuang radikal bebas didalam tubuh.

2. Alternatif Program Diet

Salah satu kandungan beras merah yang berperan penting dalam program diet yaitu Karbohidrat kompleks, beras merah bertugas sebagai yang menyalurkan energi keseluruh tubuh, sehingga kita tidak mudah merasa lapar, dan karena itu beras merah sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan resiko perut menjadi buncit.

3. Bersahabat dengan Penderita Diabetes

Kekayaan serat dan kalori yang dimiliki beras merah sangat dianjurkan bagi para penderita diabetes untuk mengkonsumsinya, karena sebagai pengganti beras putih yang kandungan kalorinya lebih rendah.

4. Penurun Kadar Kolesterol

Ketika kita rutin mengonsumsi nasi merah, maka kita akan dibantu dala meningkatkan kadar kolesterol menuju pada level yang baik. Oleh sebab itu nasi merah dapat dijadikan makanan pokok dan sumber karbohidrat yang baik bagi kesehatantubuh.

5. Mengandung Vitamin B6

Mengkonsumsi satu porsi nasi merah, maka kita sudah memproduksi 23 persen dari vitamin B6 (jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ). Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu memproduksi sel-sel DNA.

Singkatnya kandungan Glikemiks rendah yang terdapat pada nasi beras merah mampu memberikan fungsi yang sangat baik bagi kita yang sedang menjalankan program diet. Manfaat beras merah dan fiforlif bagus untuk diet, kita akhiri sampai disini, semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment