≡ Menu

PT PELNI Serius Dengan Proyek Kapal Pariwisata

Mulai sejak tahun 2014 PT Pelni mulai merambah dunia pariwisata, dengan sediakan beragam paket wisata seperti ke Karimun Jawa, Raja Ampat, Wakatobi, serta Banda Neira. Tahun 2017, Pelni makin serius mengerjakan bidang pariwisata dengan 26 kapal yang ada.

” Naik pesawat kan lebih murah, jadi beberapa orang lebih pilih naik pesawat saat ini. Untuk apa berlama-lama di kapal. Saat ini mesti ganti mindset bila naik kapal Pelni itu untuk meraih maksud. Contoh tempo hari ke Raja Ampat. Ini lini usaha yang diawali saat ini, ” kata Direktur Paling utama PT Pelni Elfien Guntoro waktu jumpa pers perayaan tahun baru diatas KM Umnisi.

Terkecuali paket wisata ke beragam daerah di Indonesia, Pelni juga mengadakan perayaan perubahan tahun baru di kapal Umsini pada akhir tahun 2016, buka paket rapat di kapal, fasilitas edukasi, juga buka paket pernikahan hingga wisuda diatas kapal.

” Pemerintah daerah sekarang ini telah terdapat banyak yang mengadakan rapat di kapal, juga kita edukasi siswa sekolah untuk eksplorasi di kapal, lihat situasi serta laut. Dengan cara usaha ini ada kenaikan yang penting. Ini yang bikin kita semakin optimis, mulai terlihat serta mulai di kenal, ” kata Direktur Komersial PT Pelni, Harry Boediarto pada acara yang sama.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memohon Pelni agar bisa jadi hotel terapung yang berlayar di 10 destinasi wisata prioritas. Juga beliau menyatakan bahwa jadwal kapal khusus pariwisata ini sudah diberlakukan. Dan yang perlu diingat bahwa harga tiket yang telah ditetapkan masih sangat terjangkau.

” Kita juga coba mentraining awak kapal kami dengan hospitality. Persiapannya memanglah panjang, ” kata Elfien.

Ia mengakui sekarang ini mengajak BUMN bagian pariwisata untuk bekerja sama juga dengan Pelni mengerjakan bidang pariwisata.

Tahun 2017 Pelni juga berencana untuk beli satu kapal spesial wisata. ” Peluang besar kapal sisa di-upgrade, karna bila bangun memerlukan saat yang lama. Perlu saat hingga dua tahun, ” kata Harry.
Waktu di tanya keuntungan, Elfien menjawab walau keuntungan masih tetap kecil, tetapi tampak kenaikan yang siginifkan. ” Namanya juga saat development, pasti untungnya tidak besar, namun bila kita tidak mulai kita akan tidak pernah tahu seperti apa, ” kata Elfien.

Sekarang ini ada 26 kapal Pelni yang sangat mungkin untuk menggerakkan manfaat wisata serta MICE. Menurut Elfien, kendala sekarang ini untuk mengerjakan pariwisata dari Pelni yaitu orang-orang yang masih tetap condong sangsi dengan aspek keamanan di kapal.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment